Jakarta (UNAS) – Melalui program tahunan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik...
Read More
Jl. Sawo Manila, Pejaten Ps. Minggu Jakarta 12520
S.A.P (Sarjana Administrasi Publik)
A (BAN-PT)
7-8 Semester / 144 sks
Program Sarjana (S1) Administrasi Publik di Universitas Nasional dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang sistem pemerintahan, kebijakan publik, serta birokrasi di sektor publik maupun swasta. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek administrasi negara, tata kelola pemerintahan, manajemen sumber daya manusia di sektor publik, serta analisis kebijakan yang berbasis data. Program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dalam tata kelola pemerintahan yang baik, serta mampu menghadapi tantangan di dunia birokrasi dan pelayanan publik. Dengan latar belakang keilmuan yang kuat, lulusan S1 Administrasi Publik Universitas Nasional memiliki prospek karier yang luas, termasuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS), analis kebijakan, manajer administrasi di sektor swasta, konsultan tata kelola publik, serta pengelola lembaga non-pemerintah (NGO).
Program Sarjana (S1) Administrasi Publik Universitas Nasional memiliki keunggulan dalam tenaga pengajarnya yang berkompeten dan berkualitas tinggi. Sebagian besar dosen tetap telah memiliki sertifikasi nasional, bergelar Doktor (S3), serta memiliki pengalaman luas dalam bidang administrasi publik dan kebijakan pemerintahan. Dengan pendekatan pengajaran yang kekinian, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis yang mendalam, tetapi juga wawasan praktis yang relevan dengan kebutuhan zaman. Kurikulum program ini dirancang secara fleksibel dan inovatif, memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan studi dalam 3,5 tahun, lebih cepat dibandingkan durasi standar 4 tahun, sehingga memberikan peluang lebih awal bagi mereka untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Selain itu, program studi ini memiliki akses luas dalam kerja sama dengan pemerintah dan lembaga donor, membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa, pengalaman praktek kerja lapangan, serta keterlibatan dalam kajian, seminar, dan diskusi ilmiah. Fasilitas yang disediakan juga mendukung proses pembelajaran secara optimal, dengan ruang kelas ber-AC, akses Wi-Fi gratis, perangkat PC dan infokus, serta perpustakaan digital (cyber library) yang sedang dikembangkan untuk meningkatkan akses informasi akademik. Dengan kombinasi tenaga pengajar berkualitas, kurikulum inovatif, peluang pengembangan pendidikan, dan fasilitas yang lengkap, Program Studi Administrasi Publik Universitas Nasional siap mencetak lulusan yang kompeten, inovatif, dan siap bersaing di dunia kerja.
Memantapkan Eksistensi Program Studi Administrasi Publik dengan mencetak lulusan yang unggul dibidang Kebijakan, Kelembagaan & Tata Kelola serta Keuangan Publik yang sejalan dengan perkembangan IPTEK, menuju Program Studi Berkelas Dunia
–
–
Program Studi Administrasi Publik berdiri pada tangggal 11 Januari 2000 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 09/DIKTI/Kep/1000. Program Studi Administrasi Publik berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).
Berikut adalah Ketua Program Studi Administrasi Publik dari masa ke masa:
Periode 2014 : Drs. Budi Kusuma
Periode 2014 – 2019 : Dr. Ahmad Muksin, M.Si
Periode 2019 – 2021 : Dr. Bhakti Nur Avianto, S.IP., M.Si
Periode 2021 – sekarang : Dr. Mary Ismowati, M.Si.
Program Studi Administrasi Publik telah mencapai akreditasi A, berdasarkan Surat Keputusan BAN PT nomor: 4455/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/VII/2022.
| No. | Mata Kuliah | Kode MK | SKS |
|---|---|---|---|
| 1. | Digitalisasi Pelayanan Publik | 3 | |
| 2 | Tata Kelola/Governansi Teknologi Informasi Publik | 3 | |
| 3 | Metodologi Riset Ilmu Administrasi | 3 | |
| 4 | Pra Proposal Disertasi | 3 | |
| TOTAL SKS | 12 | ||
| No. | Mata Kuliah | Kode MK | SKS |
|---|---|---|---|
| 1. | Publikasi Karya Ilmiah | 4 | |
| 2 | Proposal Disertasi | 4 | |
| TOTAL SKS | 8 | ||
| No. | Mata Kuliah | Kode MK | SKS |
|---|---|---|---|
| 1. | Seminar Hasil Penelitian Disertasi | 4 | |
| TOTAL SKS | 4 | ||
| No. | Mata Kuliah | Kode MK | SKS |
|---|---|---|---|
| 1. | Sidang Tertutup | 5 | |
| TOTAL SKS | 5 | ||
| No. | Mata Kuliah | Kode MK | SKS |
|---|---|---|---|
| 1. | Sidang Terbuka/Promosi | 4 | |
| TOTAL SKS | 4 | ||
| No | Bidang | Topik Penelitian | Dosen |
|---|---|---|---|
| 1 | Teknologi Kebijakan | Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Formulasi dan Evaluasi Kebijakan | Prof. Eko Sugiyanto |
| Big Data dalam Pengambilan Keputusan | Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, MPM | ||
| Smart Governance dan e-Policy | Dr. Zulmasyhur, M.Si | ||
| Cyber Security | |||
| Integrasi Internet of Things (IoT) dalam Perencanaan dan Implementasi Kebijakan | |||
| 2 | Pelayanan Teknologi Digital | Tranformasi Digital Pelayanan Publik | Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, MPM |
| Ekosistem Pelayanan Publik | Prof. Prof. Drs. Rusman Ghazali, SH., M.Si., Ph.D | ||
| Aksesibilitas Layanan Digital | Dr. Ahmad Muksin, M.Si | ||
| Digital Identity | |||
| Akselerasi Pelayanan Publik | |||
| Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) | |||
| 3 | Perencanaan Pembangunan Berbasis Teknologi | Pembangunan Inklusif | Prof. Prof. Drs. Rusman Ghazali, SH., M.Si., Ph.D |
| Smart Development | Dr. Zulmasyhur,M.Si | ||
| Sustainable Development Goals (SDGs) | Dr. Ahmad Muksin, M.Si | ||
| Public Private Partnership | |||
| Inovasi E-Government dalam Perencanaan Pembangunan | |||
| Pembangunan Infrastruktur Teknologi |

Sebagai birokrat, lulusan Administrasi Publik bertugas dalam implementasi kebijakan dan administrasi pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah. Mereka juga memiliki peran dalam memberikan nasihat kebijakan kepada pemerintah serta menjaga stabilitas dan kontinuitas sistem politik.

Seorang analis kebijakan bertanggung jawab dalam melakukan kajian dan evaluasi kebijakan publik untuk memastikan efektivitasnya. Mereka membantu pembuat kebijakan dalam merancang kebijakan yang inovatif, berbasis bukti, serta menghindari tumpang tindih regulasi yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

Lulusan yang memilih jalur penelitian dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu administrasi publik melalui riset berbasis data dan teknologi. Mereka mencari solusi atas permasalahan kebijakan publik dan menghasilkan temuan baru yang dapat meningkatkan efektivitas tata kelola pemerintahan.

Sebagai PNS, lulusan Administrasi Publik berperan dalam pengelolaan administrasi pemerintahan dan pelayanan publik. Mereka bekerja di berbagai kementerian, lembaga pemerintah daerah, dan instansi lain untuk memastikan kebijakan negara berjalan dengan baik.

Lulusan Administrasi Publik juga dapat berkarier di BUMN atau BUMD dengan tugas mengelola administrasi perusahaan yang berhubungan dengan kepentingan publik. Mereka membantu meningkatkan efisiensi layanan publik melalui sektor industri, ekonomi, dan jasa yang dimiliki oleh pemerintah.

Lulusan yang berkarier di NGO berperan dalam mengadvokasi kebijakan publik yang berpihak pada kepentingan masyarakat dan keadilan sosial. Mereka juga berkontribusi dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, serta partisipasi masyarakat dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik.
Senin s/d Jumat , 08.00 s/d 17.00 (Opsional sesuai Jadwal Perkuliahan)
Senin s/d Jumat, 16.00 s/d 21.40 (Opsional sesuai Jadwal Perkuliahan)
Jl. Sawo Manila No.61, RT.14/RW.7, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Gedung Utama Kampus Pejaten, Blok D Lantai 4, Jl. Sawo Manila No.61, RT.14/RW.7, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Jakarta (UNAS) – Melalui program tahunan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik...
Read MoreFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional melaksanakan...
Read MoreJakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik (Himapublik)...
Read MorePimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menggelar acara...
Read More